Variabel
Variabel merupakan Unsur terpenting dalam pemrograman adalah bagaimana menyimpan data yang akan diolah dan disimpan oleh komputer .Dalam pemrograman, data-data yang akan diolah atau dimasukan ke sistem sering disebut dengan variabel. Jadi, ,Variabel merupakan suatu tempat untuk menampung data di memori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah – ubah selama proses program . Setiap data yang akan diolah oleh program harus tersimpan dalam suatu variabel.Penamaan Variabel Setiap variabel yang akan digunakan sebaiknya mencerminkan isi dari data yang akan disimpan serta mudah dibaca.
Aturan penamaan Variabel
- Tidak boleh diawali angka.
- Tidak boleh diawali dengan karakter khusus (misal tanda matematika).
- Huruf besar dan huruf kecil berbeda.
- Tidak boleh ada spasi, jika menggunakan 2 kata bisa menggunakan tanda hubung (misal underscore “_”.
Contoh Penamaan Variabel yang Benar
Nama Variabel
|
Keterangan
|
Pendapatan2015
|
Penempatan Angka tidak di depan Abjad,Kata,dll.
|
S
|
Variabel minimal 1 huruf
|
Pendapatan_Bulanan
|
Jika penaamaan variable lebih dari 2 kata tidak boleh menggunakan spasi,yang harus digunakan tanda hubung misalnya Underscore
|
Contoh Penamaan Variabel yang Salah
Nama Variabel
|
Keterangan
|
2015Pendapatan
|
Penempatan Angka tidak di depan Abjad,Kata,dll.
|
+S
|
Tidak Boleh menggunakan tanda Operasi Matematika pada penaamaan variable
|
Harga-Barang
|
Dalam penamaan variable tidak boleh menggunakan tanda karakter ”-“
|
Namespace
|
Tidak Boleh Menggunakan Kata kunci Instruksi C++
|
Berikut ini aturan penamaan variabel yang juga tidak diperkenankan menggunakan instruksi di C++. Instruksi ini tidak diperkenankan digunakan karena mempunyai arti khusus bagi Compiler. Instruksi tersebut diantaranya :
Asm
|
Const
|
else
|
goto
|
operator
|
signed
|
throw
|
using
|
Auto
|
const_cast
|
enum
|
If
|
private
|
sizeof
|
true
|
virtual
|
Bool
|
Continue
|
explicit
|
inline
|
protected
|
static
|
Try
|
void
|
Break
|
Default
|
extern
|
int
|
public
|
static_cast
|
typedef
|
volatile
|
Case
|
Delete
|
false
|
long
|
register
|
struct
|
typeid
|
wchar_t
|
Catch
|
Do
|
float
|
mutable
|
reinterpret_cast
|
switch
|
typename
| |
Char
|
Double
|
For
|
namespace
|
return
|
template
|
union
| |
Class
|
dynamic_cast
|
friend
|
new
|
short
|
this
|
unsigned
|
Selain Penamaan variabel ada juga yang perlu diperhatikan dalam membuat variabel adalah tipe data dari variabel tersebut. Tipe data akan mencerminkan isi dari variabel tersebut termasuk bilangan atau string serta jangkauan atau maksimal isi data dari variabel tersebut. Pada dasarnya variabel dibagi :
Berikut ini tabel tipe-data :
No
|
Tipe data
|
Ukuran memori
|
Range
|
Keterangan
|
1
|
Char
|
1 byte
|
-128 s/d 127
|
Karakter/string
|
2
|
Int
|
2 byte
|
- 32768 s/d 32767
|
Integer/bilangan bulat
|
3
|
long
|
4 byte
|
-2.147.438.648 s/d 2.147.438.647
|
Integer/bilangan bulat
|
4
|
float
|
4 byte
|
- 3.4E-38 s/d 3.4E+38
|
Float/bilangan pecahan
|
5
|
double
|
8 byte
|
-1.7E-308 s/d1.7E+308
|
Pecahan presisi ganda 15-16 digit
|
6
|
Long double
|
10 byte
|
-3.4E-4932 s/d1.1+4932
|
Pecahan presisi ganda 19 digit
|
Dalam membuat program, variabel menjadi unsur terpenting terutama untuk menyimpan data. Variabel harus terlebih dahulu dideklarasikan/ dipesankan sebelum variabel tersebut diisi dengan data. Sintaks penulisan deklarasi variabel adalah dengan menuliskan tipe data yang akan digunakan diikuti dengan identifier yang benar.Bentuk pendeklarasian variabel :
Implementasi dalam Borland C++ :
Daftar Pustaka
Pemograman Terstruktur
0 komentar :
Post a Comment