Monday, 8 June 2015

Rangkuman Materi Variabel



Variabel


 Variabel merupakan Unsur terpenting dalam pemrograman adalah bagaimana menyimpan data yang akan diolah dan disimpan oleh komputer .Dalam pemrograman, data-data yang akan diolah atau dimasukan ke sistem sering disebut dengan variabel. Jadi, ,Variabel merupakan suatu tempat untuk menampung data di memori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah – ubah selama proses program . Setiap data yang akan diolah oleh program harus tersimpan dalam suatu variabel.Penamaan Variabel   Setiap variabel yang akan digunakan sebaiknya mencerminkan isi dari data yang akan disimpan serta mudah dibaca.
Aturan penamaan Variabel
  • Tidak boleh diawali angka.
  • Tidak boleh diawali dengan karakter khusus (misal tanda matematika).
  •  Huruf besar dan huruf kecil berbeda.
  • Tidak boleh ada spasi, jika menggunakan 2 kata bisa menggunakan tanda hubung (misal underscore “_”.

Contoh Penamaan Variabel yang Benar

Nama Variabel
Keterangan
Pendapatan2015
Penempatan Angka tidak di depan Abjad,Kata,dll.
S
Variabel minimal 1 huruf
Pendapatan_Bulanan

Jika penaamaan variable lebih dari 2 kata tidak boleh menggunakan spasi,yang harus digunakan tanda hubung misalnya Underscore 

Contoh Penamaan Variabel yang Salah
Nama Variabel
Keterangan
2015Pendapatan
Penempatan Angka tidak di depan Abjad,Kata,dll.
+S
Tidak Boleh menggunakan tanda Operasi Matematika pada penaamaan variable
Harga-Barang

Dalam penamaan variable tidak boleh menggunakan tanda karakter ”-“
Namespace
Tidak Boleh Menggunakan Kata kunci Instruksi C++

Berikut ini aturan penamaan variabel yang juga tidak diperkenankan menggunakan instruksi di C++. Instruksi ini tidak diperkenankan digunakan karena mempunyai arti khusus bagi Compiler. Instruksi tersebut diantaranya :

Asm
Const
else
goto
operator
signed
throw
using
Auto
const_cast
enum
If
private
sizeof
true
virtual
Bool
Continue
explicit
inline
protected
static
Try
void
Break 
Default
extern
int
public
static_cast
typedef
volatile
Case
Delete
false
long
register
struct
typeid
wchar_t
Catch
Do
float
mutable
reinterpret_cast
switch
typename

Char
Double
For
namespace
return
template
union

Class
dynamic_cast
friend
new
short
this
unsigned


Selain Penamaan variabel ada juga yang perlu diperhatikan dalam membuat variabel adalah tipe data dari variabel tersebut. Tipe data akan mencerminkan isi dari variabel tersebut termasuk bilangan atau string serta jangkauan atau maksimal isi data dari variabel tersebut.  Pada dasarnya variabel dibagi :



 

Berikut ini tabel tipe-data :
No
Tipe data
Ukuran memori

Range
Keterangan
1
Char
1 byte
-128 s/d 127      
Karakter/string
2
Int
2 byte
- 32768 s/d 32767
Integer/bilangan bulat
3
long
4 byte
-2.147.438.648 s/d 2.147.438.647
Integer/bilangan bulat
4
float
4 byte
- 3.4E-38 s/d 3.4E+38
Float/bilangan pecahan
5
double
8 byte
-1.7E-308 s/d1.7E+308
Pecahan presisi ganda 15-16 digit
6
Long double
10 byte
-3.4E-4932 s/d1.1+4932
Pecahan presisi ganda 19 digit


Dalam membuat program, variabel menjadi unsur terpenting terutama untuk menyimpan data.  Variabel harus terlebih dahulu dideklarasikan/ dipesankan sebelum variabel tersebut diisi dengan data. Sintaks penulisan deklarasi variabel adalah dengan menuliskan tipe data yang akan digunakan diikuti dengan identifier yang benar.Bentuk pendeklarasian variabel :  




Implementasi dalam Borland C++ :


Terimakasih.Semoga Bermanfaat

Daftar Pustaka

Pemograman Terstruktur

0 komentar :

Post a Comment